Kunci Utama Kubah Masjid : Lapisan Kedap Air

kedap air

LAPISAN KEDAP AIR

 

Proses yang tak kalah penting dalam membuat sebuah kubah masjid adalah pemasangan Lapisan Kedap Air. Karena bisa dibilang kedap air ini adalah Kunci Utama dari Kubah Masjid. Jika kedap air ini bocor, maka sudah jelas Kubah yg dibangun tersebut dikatakan GAGAL.

Tentu tidak ada yg mau menempati masjid yg bocor ketika hujan ataupun suara hujan deras yg terdengar sampai ke dalam masjid. Ibadah tentu tidak akan tenang. Itulah mengapa dalam tahap pemasangan kedap air ini diperlukan ketelitian & perhitungan yg benar agar jangan sampai terjadi kesalahan.

 

Lapisan kedap air dipasang terlebih dahulu sebelum pemasangan panel-panel kubah masjid, dengan bentuk menyerupai kubah. Sehingga apabila terjadi hujan, air tidak akan masuk kedalam ruangan masjid. Dan lapisan kedap air itu sendiri ditopang menggunakan rangka pipa besi dengan diameter pipa yang menyesuaikan diameter kubah masjid itu sendiri.

Kedap Air dibangun sebanyak 2 lapisan. Hal itu dimaksudkan agar lapisan kedap air benar-benar bisa tahan terhadap air yg bisa saja masuk ke dalam bangunan masjid.

  • Lapisan yg pertama adalah Lapisan Plat Galvalum. Plat Galvalum ini disusun secara bertingkat. Lapisan Plat Galvalum ini diatur sedemikian rupa dengan tujuan utama adalah agar air tidak tembus / sebagai anti air.
  • Lapisan yg kedua adalah Karet Membran. Pemasangan karet membran ini tidak boleh disepelehkan karena dengan adanya karet membran ini, akan ada yg bekerja sebagai penahan suara (kedap suara). Contohnya, jika hujan turun, suara rintik hujan tidak akan terdengar ke dalam masjid. Selain iti, karet membran ini difungsikan sebagai Double Protection (proteksi tambahan) bagi kubah masjid.

Tahap-Tahap Pembuatan Lapisan Kedap Air Pada Kubah :

  1. Rangka lapisan kedap air harus dipasang di atas rangka struktur utama dengan jarak yang telah ditentukan, sesuai modul ukuran. Pemasangan ini menggunakan cara pengelasan.
  2. Galvalum dipotong sesuai ukuran modul rangka.
  3. Galvalum tersebut disusun secara bertingkat , kemudian dikaitkan dengan menggunakan sekrup SDS (self drilling screw) model kepala tapping. Sekrup dipasang menembus galvalum dan rangka kedap air hingga permukaan kepala sekrup rata dengan permukaan galvalum.
  4. Galvalum yang telah terpasang diolesi lapisan primer kedap air (coating) hingga merata.
  5. Setelah galvalum terpasang, selanjutnya adalah Pemasangan kedap air membran waterproofing. Kedap air membran ini digunakan untuk melapisi keseluruhan permukaan kedap air galvalum.
  6. Pemasangan antar membrane kedap air harus overlap 5-10 cm.

Hashtag:

#pembuatan kedap air kubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *