Seluk – Beluk Seputar Penangkal Petir

penangkal petir

PENANGKAL PETIR

 

Penangkal Petir merupakan salah satu aspek terpenting dari sebuah bangunan. Apalagi bagi bangunan tinggi seperti gedung, rumah ataupun Masjid. Penangkal petir berfungsi untuk menghindari kerusakan bangunan dari sambaran petir, karena sambaran petir sangat beresiko bisa merusak.

Hal tersebut karena muatan listrik yang ada pada petir berusaha mencari jalur terpendek untuk mengalir dari awan ke tanah atau sebaliknya.  Adapun jalur terpendek yang dapat dicapai oleh muatan listrik adalah bangunan-bangunan tinggi, seperti rumah atau gedung, masjid, pohon atau manusia yang berada di tengah lapangan.

 

Ada 3 bagian utama Penangkal Petir :

 

  1. Batang penangkal petir

Batang penangkal petir terbuat dari batang tembaga yang ujungnya berbentuk runcing. Adapun fungsi dari bentuk runcing tersebut karena muatan listrik mempunyai sifat mudah berkumpul dan lepas pada ujung logam yang runcing. Batang penangkal petir ini dipasang pada puncak suatu bangunan.

  1. Kabel konduktor

Kabel konduktor terbuat dari rangkaian kawat tembaga. Yang mempunyai diameter sekitar 1 cm hingga 2 cm Fungsi dari kabel konduktor ini adalah untuk meneruskan aliran muatan listrik dari batang muatan listrik sampai ke tanah. Kabel konduktor tersebut dipasang pada dinding yang berada di luar bangunan.

  1. Tempat pembumian

Tempat pembumian (grounding) berfungsi untuk mengalirkan muatan listrik dari kabel konduktor menuju ke batang pembumian (ground rod) yang tertanam di dalam tanah. Batang pembumian (grounding) terbuat dari bahan tembaga yang dilapisi baja. Grounding mempunyai diameter sekitar 1,5 cm dan panjang sekitar 1,8 – 3 m .

 

Pemasangan instalasi penangkal petir untuk memberikan saluran elektrik dari bagian atas bangunan ke tanah dengan menggunakan kawat tembaga yang bertujuan apabila ada sambaran petir yang mengenai bagian atas bangunan maka arus petir dapat mengalir ke bumi (ground) dengan baik.

Standart ukuran kabel yang biasa di gunakan minimal 50 mm”  (SNI), tidak di sarankan untuk memilih kabel di bawah ukuran 50 mm” walau kenyataan di lapangan banyak yang menggunakan dibawah ukuran 50 mm. Karena bisa dipastikan bahwa penangkal petir tersebut tidak akan bekerja secara efektif dan efisien.

Hashtag:

#apa itu benda runcing yg berada tepat diatas kuba. #cara pempembuatankubah galvalum. #ciri ciri benda runcing penangkal petir yg ada disetiap kubah masjid. #desain rangka kubah mushola dari kayu. #foto penangkal petir. #fungsi pipa galvalum pada grounding. #penangkal petir dalam kubah logam. #pengertian kubah masjid ENAMEL. #ukuran gobah mushala yg diameter 3 75m.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *